Kamis, 29 Januari 2009

Mercedes Benz Engine For Bus

Dalam membahas bisnya MB jangan dicampur adukkan antara seri chassis dan
seri mesin. Seri chassis itu misalnya OH-1518, OH-1521, OH-1525, OH-1725
dll. Sedangkan seri mesin kodenya OM. Chassis yang berbeda bisa jadi
menggunakan mesin yg basisnya sama atau bahkan persis sama. OH-1518 dan
OH-1521 menggunakan mesin seri OM-366, bedanya OH-1518 menggunakan OM-
366A sedangkan 1521 menggunakan OM-366LA. Perbedaan keduanya hanya
terletak di intercooler (berkode L). Bahkan pada OH-1525 & OH-1725, atau
jika nanti bakal keluar OH-1526, ketiganya sama2 menggunakan mesin OM-
906LA. Tetapi seri chassis yang sama (OH-1518 misalnya) bisa jadi
menggunakan mesin yg berbeda. OH-1518 lama menggunakan OM-366A,
sedangkan OH-1518 baru (XBC) menggunakan mesin OM-904LA.

Lalu kaitannya dengan OBL & Lorena gimana ?
Kedua PO tersebut (juga salah satu PO di Sumatra kalo gak salah)
menggunakan MB V Engine yang mesinnya bukan secara resmi diedarkan oleh
MBI. Menurut info PO2 tersebut membelinya langsung dari S'pore. Lalu
terjadilah penyebutan yg salah kaprah .... disebut Lorena atau OBL
bermesin OH-2629, padahal chassisnya jelas2 OH-1521 :)

Saya gak tau pasti type MB V Engine yang digunakan oleh OBL atau Lorena.
Tapi jika dilihat dari bentuk mesinnya yg V6 single turbo, rasanya sih
itu mesin seri OM-4xx. Yang jelas kalo dibilang itu pake mesinnya IBC-
1632 ya tentu saja bukan, krn IBC-1632 memakai mesin seri 900, tepatnya
OM-926LA, 7200cc 6 silinder inline (bukan V).

Kembali ke V Enginenya Lorena & OBL .... Dari hasil interview rekan2
BMC diketahui bahwa mesin tersebut dicangkokkan begitu aja diatas
chassis OH-1521. Artinya chassis, gearbox, gardan, rem, bahkan
radiatorpun menggunakan milik OH-1521. Yg saya lihat beda hanyalah
intercoolernya yg lebih besar, padahal biasanya ukurannya sama dengan
radiator(mungkin bawaan asli dari mesin), makanya lobang airintake
radiator dimodif jadi lebih panjang kebawah agar intercooler yg lebih
besar juga bisa "bernafas". Nah kalo dilihat dari fakta itu, maka
tebakan saya V Engine yang dipakai Lorena atau OBL adalah OM-401LA,
9572cc, V6 single turbo intercooler, tenaganya 270HP, torsinya 950nm.
Mesin tsb adalah yang dipakai oleh truk Gudang Garam seri 2527 (bukan yg
Axor 2528). Seri itu adalah mesin V terkecil yg mungkin torsinya masih
dalam batas kemampuan gardan OH-1521. Seperti diketahui, gardan OH-1521
aslinya hanya dibuat untuk menerima torsi sebesar 650-an nm dari mesin
OM-366LA.

Kemungkinan kecil lain (kecuali jika gardannya diganti) adalah
menggunakan mesin OM-441LA, 10.964cc, V6 single turbo intercooler,
tenaga 313 HP, torsi 1340nm. Tapi jika dilihat torsinya yg 2x lipat OM-
366LA, ini hanya kemungkinan kecil jika gardan yg dipakai tetap milik OH-
1521.

Tambahan dari saya, V Engine yg dipakai oleh OBL dan Lorena itu adalah
mesin dengan teknologi lama. Mesin2 terbaru cukup menggunakan mesin
segaris (inline), gak perlu menggunakan konfigurasi V kalo hanya untuk
mendapatkan tenaga di kisaran 300 HP. V engine itu konstruksinya lebih
rumit, membutuhkan parts lebih banyak dan pasti lebih mahal dibanding
mesin inline. Bahkan mesin OM-457LA, 12000cc 6 silinder segaris yang
dipasang pada truk Axor 2543 mampu menghasilkan tenaga sampai 428 HP
dengan torsi 2000nm. Karena itu setahu saya untuk bis2 MB keluaran
terbaru walaupun tenaganya dikisaran 400HP tidak ada yang menggunakan V
Engine.

3 komentar:

  1. kalau untuk mengecek sistem dari mobil ini
    menggunakan scantool seperti apa ya??
    klo ad link tmpat yg menjual alatnya tolong infonya y gan
    kirim k email ane y gan : hyde_elfifa05@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Artikel ini adalah tulisan saya di milis BisMania Community (BMC) http://groups.yahoo.com/group/BisMania/message/28421

    Yudi BMC
    www.bismania.org
    www.facebook.com/bismania

    BalasHapus